Rabu, 05 Oktober 2016

Perbedaan Organisasi dan Arsitektur Komputer

Sebelum memahami Perbedaan Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer sebaiknya kita mengenal sekilas apa itu Komputer ?
Ya yang kita ketahui Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut. Kata Computer pada awalmya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan Aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengelohan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan Matematika. 


Nah, sekarang mari kita pahami apa itu Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer ;

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sistem komputer.  Contoh organisasi Komputer adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contoh Arsitektur Komputer adalah  set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Perbedaan Utama Organisasi dan Arsitektur Komputer

v  Organisasi Komputer : 

Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control

v  Arsitektur Komputer :

Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O