Jumat, 07 Oktober 2016

Gambar Struktur CPU (Central Processing Unit) dan Setiap Fungsinya

Gambar Struktur Internal CPU
§  Unit Kendali (Control Unit), Bertugas mengontrol Operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol computer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit control adalah mengambil instruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis intruksi tersebut.
§  Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi-fungsi pengolahan data computer. ALU sering disebut Mesin Bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan intruksi-intruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti istilahnya, ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika Boolean, yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
§  Register adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
§ CPU Interconnections adalah system koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, Unit Kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus ekstenal CPU yang menghubungkan dengan system lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran.